Rabu, 28 Desember 2016

Obat Alami yang Efektif Untuk Mengatasi Anemia

Anemia terjadi ketika seseorang mempunyai kadar hemoglobin yang rendah pada sel darah merah. Hemoglobin digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan jaringan. Anemia lebih sering dialami oleh wanita (seperti pada kehamilan atau siklus haid) daripada laki-laki. Jika tidak segera diatasi, anemia juga bisa mengancam keselamatan jiwa.

Gejala anemia bermacam-macam, seperti kulit dan kuku menjadi pucat, sering kelelahan, tekanan datrah turun ketika berdiri atau duduk (hipotensi ortostatik), sakit kepala, lemas, lesu, letih, tidak bergairah, sesak napas, konsentrasi buruk dan vertigo.


Penyebab anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, asam follic dan vitamin B12. Untuk jenis anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 dinamakan anemia pernisiosa. Anemia seringkali juga menjadi gejala dari penyakit, seperti kanker dan sejumlah penyakit lainnya.

Lalu bagaimana caranya ? Kali ini kami akan beberapa masalah dan Obat alami dari alam untuk mencegah anemia.

Obat Alami untuk Mencegah Anemia


- Makanan dengan Zat Besi
Anemia biasanya diakibatkan karena kekurangan zat besi. hemoglobin tersusun atas zat besi dan protein. Oleh karena itu, agar jumlah hemoglobin tetap stabil, anda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya, hati, beras merah, kurma, anggur, dll.

- Apel
Buah apel juga merupakan sumber makanan yang kaya zat besi. Selain mengandung vitamin dan mineral, apel terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga anda terhindar terhadap anemia.

- Umbi-umbian
Makanan sehat lainnya yang juga berkhasiat untuk mencegah anemia adalah umbi-umbian, seperti ubi jalar. Tidak hanya kaya asam folat dan kalium, ubi jalar juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibuat kolak, atau bahkan sebagai campuran jus.

- Madu
Sejak jaman dulu, madu dipercaya sebagai obat segala penyakit, termasuk anemia. Selain kaya zat besi, madu juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya. Anda bisa memanfaatkan madu sebagai campuran berbagai jenis makanan untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Itu kenapa madu merupakan salah satu solusi alami yang efektif untuk mengobati anemia.

- Pisang
Buah pisang terbukti kaya akan zat besi, kalium dan vitamin serta mineral. Mengkonsumsi pisang setiap hari tidak hanya untuk menyembuhkan anemia tetapi juga untuk manfaat kesehatan lainnya. Ini juga menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengobati anemia.

- Dandelion
Dandelion atau yang biasa dikenal dengan Randa Tapak berguna dalam penyerapan zat besi yang anda konsumsi melalui makanan atau suplemen. Selain dandelion, anternatif lain yang bisa anda coba yaitu teh herbal.

- Jeruk
Mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk nanas, stroberi, dan tomat. Membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Buah-buahan tersebut berguna untuk melawan anemia dan juga mencegah agar munculnya berbagai penyakit akibat anemia.

- Kurma
Kurma kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Buah ini adalah obat untuk menyembuhkan anemia. Rebus kurma dan susu, lalu minum secara rutin setiap hari.

- Gula Merah
Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi gula merah. Gula merah kaya akan zat besi dan meningkatkan kadar hemoglobin jika dikonsumsi setiap hari. Anda dapat mencampurnya dengan teh atau sebagai pemanis makanan.

- Tomat
Buah ini adalah sumber makanan yang kaya vitamin C dan Lycopene. Vitamin c membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Dengan meminum jus tomat secara rutin, masalah anemia yang anda alami akan cepat tuntas.

- Organ Hewan
Organ hewan seperti jeroan, hati mengandung zat besi yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, jeroan juga kaya akan vitamin B12, seng dan fosfor. Dengan mengkonsumsi beberapa saja, niscaya kadar hemoglobin anda akan kembali stabil.

- Pijat
Memijat seluruh bagian tubuh sangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan juga kinerja jantung. Cara ini juga bisa ditempuh untuk meredakan gejala anemia. Anda bisa memijat tubuh dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

- Mandi Air Dingin
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sirkulasi darah. Alhasil, suhu tubuh akan diatur ulang dan gejala anemia bisa teratasi.

Itu tadi merupakan beberapa cara untuk mencegah anemia dan mengatasinya secara alami. Jika anemia yang anda derita tidak kunjung sembuh, cobalah untuk mengkonsumsi Obat Herbal Anemia Tanpa Kimia.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar