Selasa, 27 Desember 2016

Cara Mengatasi Anemia Dengan Mudah Tanpa Obat

Anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin kurang dari normal yaitu 10-12 g/dl. Anemia ini jika tidak segera di atasi dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kita tahu bahwa hemoglobin bertugas untuk mengikat oksigen yang akan digunakan untuk metabolisme tubuh. Jika seseorang dalam keadaan anemia yang mana hemoglobin (Hb) kurang dari normal akan terjadi gangguan kesehatan mulai dari pusing, mengantuk, pingsan bahkan sampai kematian. Oleh karena itu anemia perlu segera diatasi untuk mencegah gangguan pada kesehatan tubuh.

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya anemia ini. Anda harus mengenali faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya anemia, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit anemia ini. Seperti kata pepatah "Karena Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati".

Penyebab Anemia

 

 

Beberapa penyebab anemia diantaranya adalah seperti berikut :

1. Hamil atau Mengandung
Saat kondisi hamil, jantung ibu akan memberikan sirkulasi peredaran darah untuk ibu dan janin. Oleh karena itu tubuh berkompensasi untuk menambah volume darah. Hal ini menyebabkan kadar Hb menjadi turun sehingga terjadi anemia.

2. Pendarahan
Pendarahan yang terus menerus dan tidak segera di hentikan akan mengakibatkan volume darah menjadi banyak yang hilang. Hal ini juga menyebabkan kadar Hb menurun hingga menimbulkan anemia. Wanita yang berada di usia subur juga beresiko terkena anemia karena tiap satu bulan sekali mendapatkan menstruasi.

3. Penyakit
Penyakit seperti thalasemia juga dapat menyebabkan anemia, talasemia merupakan penyakit kelainan darah dimana produksi hemoglobin sangat sedikit.

Gejala Anemia


  • Mudah lelah.
  • Lesu.
  • Letih.
  • Lemah.
  • Sering Mengantuk.

Cara Mengatasi Anemia :


- Cara Mengatasi Anemia dengan Sayuran
Tingkatkan konsumsi sayuran hijau terutama yang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Contoh sayuran yang mengandung zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis. Tapi anda juga harus berhati-hati karena mengkonsumsi brokoli atau kol dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan kembung.

- Cara Mengatasi Anemia dengan Buah-buahan
Selain meningkatkan asupan sayuran, anda juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia antara lain apel, anggur, semangka, aprika, kismis dan buah pulm.

- Cara Mengatasi Anemia dengan Konsumsi Daging dan Seafood
Daging dan Seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang berfungsi dalam peningkatan produksi sel darah merah di tubuh.

- Cara Mengatasi Anemia dengan Daun Bawang Merah
Rebus daun Bawang merah dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali sehari agar anemia dapat segera sembuh.

- Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil
Untuk Ibu Hamil, perhatikan gizi seimbang. Makan makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan secara rutin, jika perlu asam folat dan tablet tambah darah mungkin diperlukan.

Demikian beberapa cara mengatasi anemia tanpa obat. Untuk anda yang masih setiap bulannya menstruasi jaga kesehatan dan asupan nutrisi nya, jangan sampai kondisi tubuh menjadi drop karena anemia.


Untuk mengetahui penyakit-penyakit dan cara pengobatannya secara tradisional , klik Khasiat Obat Tradisional.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar